Tips Membersihkan dan Merawat Lampu Mobil Agar Awet

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Lampu mobil memegang peran penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Dengan berfungsinya lampu mobil dengan baik dapat mengurangi risiko kecelakaan, terutama saat berkendara di malam hari. Namun, lampu mobil membutuhkan perawatan tertentu untuk menjaga performa. Berikut beberapa tips untuk membersihkan dan merawat lampu mobil agar awet:

1. Membersihkan Mika Lampu Mobil

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Setelah masa lebih dari lima tahun, mika lampu mobil sering kali mulai memburam atau menguning, sehingga mengurangi efektivitas cahaya. Membersihkan mika dapat dilakukan dengan melepas mika lampu, kemudian digosok menggunakan cairan pembersih khusus. Untuk menghindari goresan, gunakan kain atau busa saat menggosok.

2. Pilih dan Pakai Lampu yang Tepat

Pilih lampu mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Lampu dengan daya yang terlalu besar atau kecil dapat membuat lampu kurang awet dan beresiko mengalami konslet.

3. Gunakan Bohlam Berkualitas

Bohlam lampu yang berkualitas dan sesuai standar akan memberikan performa dan daya tahan yang lebih baik.

4. Perhatikan Kebersihan Kap Mobil

Bagian kap mobil yang kotor dapat menyebabkan debu masuk ke lampu. Gunakan isolasi untuk menutup lubang yang bisa menjadi tempat masuknya debu dan kotoran.

5. Tempatkan Mobil di Tempat yang Teduh

Paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak lampu mobil. Pilihlah tempat parkir yang teduh untuk melindungi mobil dari sengatan matahari.

6. Aplikasikan Anti Ultraviolet

Gunakan cairan anti ultraviolet untuk melindungi lampu mobil dari efek merusak sinar ultraviolet.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, dan menggunakan teknik yang tepat, masa pakai lampu mobil Anda bisa lebih lama. Jangan lupa juga, selalu ganti lampu yang telah rusak atau habis masa pakainya sebagai upaya mempertahankan keselamatan saat berkendara. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *