Mobil Avanza Terbelah Dua Saat Kecelakaan: Ini Kata Pengamat Otomotif

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Kecelakaan di Padang Pariaman, Sumatera Barat, mengakibatkan mobil Toyota Avanza Veloz terbelah dua. Kecelakaan ini terjadi beberapa pekan setelah skandal Daihatsu mengenai keselamatan mencuat, termasuk model Toyota Avanza.

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan bahwa sangat sulit untuk tidak mengaitkan kecelakaan ini dengan skandal global Daihatsu. Namun, ia menekankan perlunya memberikan penilaian secara bijaksana. Menurut Bebin, Daihatsu pusat belum membeberkan secara rinci soal apa saja yang ditutupi dari publik selama 30 tahun lebih.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Melihat kondisi Veloz sungguh sulit untuk menghindari menghubungkan dengan skandal global Daihatsu yang baru-baru ini terkuak. Namun kita harus bijaksana untuk tidak serta merta memberikan penilaian,” ujarnya kepada Republika .

Sebagai tanggapan atas kecelakaan ini, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy menyatakan bahwa kecelakaan maut yang membuat Avanza terbelah dua bukan disebabkan skandal Daihatsu terkait dengan tes keselamatan yang di dalamnya termasuk menimpa model Avanza.

“Sudah kita cek dan hal itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan masalah tes keselamatan Daihatsu,” katanya.

Skandal Daihatsu terkait uji keselamatan menimpa 12 model mobil yang dipasarkan oleh Toyota selain sekitar total 66 model Daihatsu, seperti Avanza dan Veloz. Berbeda dengan di Thailand yang mengharuskan Toyota melakukan uji keselamatan ulang terhadap produk Veloz, otoritas di Indonesia tidak mengharuskan Toyota atau Daihatsu menguji ulang tes keselamatan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *