Dandim Brebes Berencana Membangun Jembatan Gantung untuk Mempermudah Akses Warga Dusun Wadas Gumantung

banner 468x60

Brebes, Bentangnews.com – Sebanyak 275 kepala keluarga atau sekitar seribu warga di Dusun Wadas Gumantung, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, sudah lama terisolir akibat rusaknya jembatan penghubung ke desa. Kerusakan jembatan disebabkan oleh banjir yang menghancurkan jembatan beberapa kali. Dandim 0713 Brebes, Letkol Infantri Sapto Broto, mengunjungi lokasi dan berencana membangun jembatan gantung sebagai alternatif akses warga.

“Kondisi ini sangat menyulitkan warga, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini,” ungkap Letkol Infantri Sapto Broto.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Anak-anak sekolah harus digendong orang dewasa untuk menyeberangi sungai, tetapi saat sungai banjir, tidak ada yang berani menyeberangi sehingga warga terpaksa tidak melaksanakan kegiatan pekerjaan dan anak-anak tidak berangkat sekolah,” tambah Kepala Dusun Wadas Gumantung, Siwo Suryanto.

Dandim Brebes berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Sutaryono, untuk merealisasikan proyek pembangunan jembatan gantung tersebut. Sutaryono mengapresiasi inisiatif Dandim dan siap mendukung pembangunan jembatan. DPU juga berharap mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Perhutani yang memiliki lahan untuk membuka akses jalan dengan panjang sekitar 1000 meter dan lebar 6 meter.

Dalam beberapa tahun terakhir, jembatan penghubung Dusun Wadas Gumantung telah mengalami kerusakan sebanyak tiga kali. Pada tahun 2019, jembatan darurat yang dibangun juga hanyut terbawa arus Sungai Pedes. Dengan pembangunan jembatan gantung ini, diharapkan warga Dusun Wadas Gumantung tidak lagi mengalami isolasi, terutama saat musim hujan tiba. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *