Harga Pupuk Mahal: Jokowi Diteriaki ‘Wooo’ Oleh Petani se-Jateng

banner 468x60

Banyumas, Bentangnews.com — Pada Selasa (2/1), Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menghadiri acara Pembinaan Petani se-Provinsi Jawa Tengah di Banyumas. Saat menjelaskan penyebab kelangkaan dan mahalnya pupuk, Jokowi mendapatkan respons tak terduga dari para petani, yaitu teriakan ‘wooo’.

Kelangkaan dan mahalnya pupuk, menurut Jokowi, disebabkan oleh konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, dua negara penyuplai utama bahan baku pupuk. Respon ini, bagaimanapun, tidak disambut positif oleh para petani yang hadir. Mereka langsung meneriakkan ‘wooo’ sebagai bentuk kekecewaan mereka.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dalam situasi ini, Jokowi mencoba meredakan suasana dengan berkata, “Jangan di-wooo. Ini, fakta!” Saat memaparkan fakta ini, ia menjelaskan upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini. Salah satunya adalah dengan berencana menambah subsidi pupuk sebesar Rp 14 T hingga 2024 untuk menutupi kekurangan pupuk di lapangan.

Namun, Jokowi juga menegaskan bahwa penambahan subsidi tersebut harus mendapatkan persetujuan dari DPR. “Tapi, supaya rakyat, petani tahu, pengajuan seperti itu harus dapat persetujuan DPR, ini belum,” ujar Jokowi, yang kemudian kembali diteriaki para petani.

Hal ini merefleksikan keraguan dan kekecewaan petani terhadap kenaikan harga dan kelangkaan pupuk. Sebagai respons terhadap ini, Jokowi mencoba meredakan atmosfer dengan memberikan kuis dan membagikan sepeda kepada para petani.

Dari sisi lain, beberapa petani juga memahami bahwa masalah ini bukan hanya tanggung jawab Jokowi, melainkan juga merupakan dampak dari konflik internasional yang tidak dapat dihindari.

Di saat yang sama, masalah ini menjadi pelajaran bagi Indonesia untuk mencari alternatif lain dalam memproduksi pupuk, sehingga tidak selalu bergantung pada impor bahan baku dari negara lain. Misalnya, dengan meningkatkan penelitian dan pengembangan teknologi pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *