[Video] Manasik Haji: Memahami Arti, Urutan, dan Tata Caranya

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Bagi jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, ada beberapa kegiatan yang harus dipahami dan diikuti. Salah satu yang penting adalah manasik haji, kegiatan ini bisa dilaksanakan beberapa kali tergantung daerah masing-masing.

Manasik haji adalah simulasi atau latihan haji sebelum benar-benar melaksanakan ibadah di Makkah. Waktu pelaksanaan dipersingkat karena hanya sebagai latihan. Manasik haji juga biasa dilakukan oleh anak sekolah sebagai bentuk pembelajaran mengenai rukun Islam yang kelima.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pengertian Manasik Haji

Manasik, berasal dari bahasa Arab yang berarti tempat yang biasa dikunjungi; tempat ibadah; waktu ibadah; ibadah. Manasik haji artinya adalah hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji, seperti ihram, tawaf, sai, dan wukuf.

Jemaah yang mengikuti manasik haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, seperti rukun haji, persyaratan, hal-hal yang wajib dan disunahkan, serta hal-hal yang dilarang selama pelaksanaan ibadah haji.

Manasik haji memiliki beberapa kewajiban dan urutan yang harus diperhatikan dan dijalankan dengan tepat, antara lain:

  1. Ihram dari miqat: Miqat yaitu batas waktu dan tempat memulai ibadah haji serta umrah.
  2. Wukuf di Arafah: Dilaksanakan pada hari 9 Zulhijah.
  3. Mabit di Muzdalifah dan Mina: Muzdalifah yaitu tempat yang berada di antara Arafah dan Mina.
  4. Lempar Jumrah: Jemaah melemparkan batu ke arah tugu di Bukit Aqabah.
  5. Tahalul: Melepaskan diri dari ihram setelah mengerjakan amalan-amalan haji.
  6. Mabit di Mina: Jemaah bermalam selama hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah).
  7. Tawaf Wada’: Tawaf perpisahan atau penutup semua rangkaian ibadah haji.

Jadi, manasik haji merupakan rangkaian penting dalam mempersiapkan diri seseorang untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam proses ini, calon haji dituntut untuk memahami dan menghafal setiap langkah dan syarat yang ada, agar pelaksanaan haji mereka di Mekah nanti dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan syariat Islam.

Haji Langsung Berangkat VIP adalah paket layanan haji mewah yang disuguhkan dengan beragam fasilitas lengkap dan mewah. Dengan harga total Rp 295.000.000,00, jamaah akan mendapatkan layanan haji premium yang meliputi penerbangan menggunakan Qatar SV atau Saudia, akomodasi mewah di Swissotel Makkah atau Swiss Al Maqom atau Dar Al Eiman di Makkah, dan Leader Al Munakareem atau Golden Tulip Zahabi di Madinah.

Pada maktab Mina, jamaah juga akan mendapatkan penanganan VIP. Sementara itu, untuk akomodasi transit, disediakan Aziziah Hotel. Lama haji dengan paket ini adalah 25 hari. Sebagai bonus, paket ini juga menyertakan Umrah Silver secara gratis.

Meski harga yang ditawarkan terbilang tinggi, namun ini sebanding dengan layanan dan fasilitas yang diberikan. Dengan memesan paket ini, jamaah bisa fokus penuh menjalankan ibadah tanpa perlu khawatir mengenai akomodasi dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, registrasi haji juga bisa dilakukan secara langsung. Anda hanya perlu membayar DP sebesar Rp 100 juta hingga akhir pendaftaran di November 2023. Segera amankan kuota Anda untuk mendapatkan pengalaman ibadah haji yang berbeda.

Namun, harus diingat bahwa esensi dari ibadah haji bukanlah pada fasilitas dan kenyamanan, melainkan kualitas ibadah dan ketulusan hati. Fasilitas mewah bisa menjadi penunjang, namun keikhlasan dan kesabaran dalam menjalankan setiap rukun haji tidak bisa digantikan oleh apapun.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi nomor informasi dan pendaftaran haji: 0851-7227-9634. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk melengkapi pilar agama Anda dengan paket haji Langsung Berangkat VIP. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *