Yamaha Rekrut Dua Insinyur Ducati: Upaya Bangkit di Arena MotoGP

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Berita mengejutkan datang dari dunia balap MotoGP. Tim Yamaha dikabarkan telah merekrut dua insinyur penting dari Ducati. Langkah ini ditempuh dalam rangka upaya Yamaha untuk kembali berjaya setelah beberapa periode kurang optimal, termasuk masa pandemi Covid-19 yang cukup mempengaruhi performa mereka.

Dua insinyur yang dimaksud adalah Massimo Bartolini dan Marco Nicotra. Bartolini sebelumnya menjabat sebagai Vehicle Performance Engineer di Ducati dan kini menjadi Direktur Teknis baru Yamaha. Adapun Nicotra, yang sebelumnya juga merupakan bagian dari team Ducati, telah bergabung dengan Yamaha sejak Oktober tahun lalu sebagai Kepala Aerodinamika.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Kedatangan Bartolini dan Nicotra ini tak lepas dari upaya Yamaha untuk mengunci kontrak pembalap utama mereka, Fabio Quartararo. Sejak tahun 2022, Quartararo diketahui cukup gerah kepada Yamaha karena menyediakan motor yang dianggap kurang kompetitif.

Belum jelas apakah Bartolini akan menggantikan posisi Kazutoshi Seki, insinyur asal Jepang yang memimpin proyek pengembangan Yamaha YZR-M1 di musim lalu. Namun, yang pasti Bartolini dan Nicotra akan bekerja sama dengan tim insinyur Yamaha yang berada di Jepang untuk pengembangan lebih lanjut.

Hal ini tentunya merupakan kejutan bagi banyak pihak, mengingat Yamaha saat ini merupakan satu-satunya pabrikan yang hanya memiliki dua motor di grid MotoGP tahun 2024. Kendati demikian, Yamaha masih berharap bisa mendapatkan keuntungan dari aturan konsesi baru.

Bajak dua insinyur Ducati ini jelas menunjukkan determinasi Yamaha untuk kembali ke puncak. Walau belum bisa diprediksi apakah mereka akan kembali ke era kejayaan seperti pada masanya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, langkah ini bisa menjadi titik awal yang baik untuk musim berikutnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *