Kuatkan Imunitas Saat Musim Hujan dengan Konsumsi 5 Ikan Mengandung Vitamin D

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com – Musim hujan menyebabkan cuaca menjadi tidak menentu dan seringkali membuat kita rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat, salah satu nutrisi yang penting adalah vitamin D. Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah penyakit kanker.

Tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D sendiri dengan paparan sinar matahari, tetapi kita juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D melalui makanan. Salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan berlemak. Selain itu, mengonsumsi ikan juga memberikan berbagai nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Berikut adalah 5 jenis ikan yang mengandung vitamin D dan dapat membantu menjaga imunitas tubuh saat musim hujan:

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang terkenal dan mengandung kaya akan vitamin D. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung sekitar 526 IU vitamin D. Ikan salmon juga merupakan bahan makanan yang fleksibel, bisa diolah menjadi beragam jenis masakan seperti dipanggang atau dibuat soup.

2. Ikan Haring dan Sarden

Ikan haring sering diolah dengan cara diasapi atau diasamkan. Ikan kecil ini juga kaya akan vitamin D. Ikan haring Atlantik segar menyediakan sekitar 214 IU vitamin D per 100 gram, yang setara dengan 27% kebutuhan harian tubuh. Selain itu, sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. 100 gram sarden mengandung sekitar 193 IU vitamin D, atau setara dengan 24% kebutuhan harian tubuh.

3. Tuna

Tuna juga termasuk dalam daftar ikan yang mengandung vitamin D. Data dari USDA menunjukkan bahwa 100 gram tuna kalengan dalam air mengandung sekitar 68 IU vitamin D. Tuna juga dapat diolah menjadi beragam masakan yang sehat.

4. Ikan Mackarel

Ikan Mackarel adalah jenis ikan yang juga kaya akan vitamin D. Mengonsumsi ikan Mackarel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan mencegah anemia. Ikan ini juga telah dikonfirmasi oleh British Heart Foundation sebagai salah satu sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.

5. Minyak Hati Ikan Cod

Jika kamu tidak menyukai ikan, minyak hati ikan cod dapat menjadi alternatif lain untuk mendapatkan vitamin D. Minyak hati ikan cod adalah suplemen yang populer. Setiap sendok teh (4,9 mL) minyak hati ikan cod mengandung sekitar 450 IU vitamin D, yang setara dengan 56% kebutuhan harian tubuh. Minyak hati ikan cod juga telah digunakan dalam pengobatan beberapa kondisi seperti rakhitis, psoriasis, dan tuberkulosis.

Dengan mengonsumsi ikan yang mengandung vitamin D selama musim hujan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Namun, penting juga untuk mengkombinasikan dengan pola makan sehat yang seimbang dan gaya hidup aktif. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *