Jenis Vitamin untuk Ibu Hamil Muda Atasi Mual yang Tersedia di Apotek

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Mual atau morning sickness adalah keluhan umum yang dialami oleh ibu hamil muda. Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP), hampir 75 persen ibu hamil mengalami morning sickness, sementara American Pregnancy Association (APA) menyebut sekitar 50 persen ibu hamil mengalami keluhan ini.

Penyebab ibu hamil muda mengalami mual

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Morning sickness disebabkan oleh peningkatan hormon di dalam tubuh. Mual pada saat hamil muda dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi vitamin tertentu. Salah satunya adalah vitamin B6, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan otak dan mood.

Vitamin B6 untuk atasi mual

Vitamin B6, atau piridoksin, merupakan vitamin yang larut dalam air. Sumber vitamin B6 ini bisa didapatkan dari makanan dan juga dalam bentuk suplementasi. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 terbukti ampuh mengatasi morning sickness. AAFP merekomendasikan dosis vitamin B6 untuk mengatasi mual saat hamil muda adalah 10 hingga 25 miligram (mg).

Manfaat lain vitamin B6 untuk ibu hamil

Selain mengatasi mual, vitamin B6 memiliki manfaat lain bagi ibu hamil, seperti perkembangan otak dan sistem saraf bayi, mencegah masaalah bayi baru lahir, meningkatkan mood, mencegah dan mengobati anemia, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan mata.

Sumber vitamin B6 dari makanan

Bunda bisa mendapatkan vitamin B6 dari makanan sehari-hari, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, unggas, daging tanpa lemak, buah kering, pisang, alpukat, sayur bayam, sayur buncis, telur, dan susu yang sudah dipasteurisasi.

Demikian jenis vitamin untuk ibu hamil muda atasi mual yang tersedia di apotek dan makanan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *