Subsidi Jokowi Buat Harga Mobil Wuling Turun Drastis! Hingga 30jt

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com – Mobil listrik Wuling Binguo EV berhasil mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) diatas 40%, sehingga berkesempatan mendapatkan subsidi dari pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Pencapaian ini diumumkan oleh SGMW Motor Indonesia pada Jumat (13/1). Produksi mobil Binguo EV sendiri dilakukan di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Melalui proses verifikasi dan dengan Surveyor Indonesia, produk yang diproduksi ini memperoleh TKDN sebesar 47,5%.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dian Asmahani, Direktur Penjualan dan Pemasaran SGMW Motor Indonesia, memberikan pernyataan, “Pencapaian ini tidak hanya menegaskan komitmen Wuling dalam mendukung industri otomotif nasional, namun juga menjadikan Binguo EV sebagai salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN)”. ungkapnya.

Subsidi pemerintah ini memberikan potongan PPN sebesar 10 persen kepada masyarakat yang membeli mobil listrik ini, sehingga konsumen hanya perlu menanggung PPN sebesar 1 persen. Hal ini mengakibatkan penurunan harga Binguo EV secara signifikan hingga Rp 30 jutaan.

Pada pertengahan Desember lalu, harga jual untuk varian 333 kilometer (Long Range AC DC) adalah Rp 358 juta, sedangkan untuk varian 410 kilometer (Premium Range AC DC) adalah Rp 408 juta. Namun, kini harga dua model tersebut telah mengalami penurunan menjadi Rp 326 juta dan Rp 372 juta.

Selain itu, SGMW Motor Indonesia juga mengumumkan ada model baru Long Range AC yang menempati posisi dengan harga paling rendah, menjadi Rp 317 juta setelah memperoleh subsidi.

Berikut daftar harga Binguo EV setelah subsidi:

  • Long Range AC: Rp 348 juta menjadi Rp 317 juta (selisih Rp31 juta).
  • Long Range AC DC: Rp 358 juta menjadi Rp 326 juta (selisih Rp 32 juta).
  • Premium Range AC DC: Rp 408 juta menjadi Rp 372 juta (selisih Rp 36 juta).

Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam bidang otomotif dan lingkungan, langkah Wuling ini patut diapresiasi. Subsidi ini tentunya akan mendorong masyarakat untuk lebih memilih kendaraan listrik, mempertimbangkan manfaat jangka panjang baik untuk lingkungan maupun untuk kesejahteraan pengguna. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *