Rakor Pengendalian Inflasi Daerah; Inflasi Cenderung Menurun, Tetap Waspadai Kenaikan Harga

banner 468x60

Indramayu, Bentangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) secara virtual di Indramayu Command Center (ICC), Senin (15/1/2024).

Rakor yang dipimpin Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri RI tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebagai upaya membahas langkah konkret pengendalian inflasi daerah sekaligus memantau perkembangan inflasi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dalam sambutannya, Irjen Kemendagri RI, Tomsi Tohir Balaw menyampaikan, perkembangan inflasi secara nasional cenderung mengalami penurunan, saat ini berdasarkan periode tahun ke tahun berada pada angka 2,61%. Walaupun begitu beberapa hal masih menjadi faktor penyumbang inflasi seperti kenaikan harga yang menjadi fokus pembahasan dalam rakor serta upaya antisipasinya.

“Walaupun trend inflasi secara nasional mengalami penurunan. Namun harus diwaspadai faktor pemicu inflasi seperti kenaikan harga barang,” ungkapnya.

Selanjutnya, laporan tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) minggu ke-2 Januari 2024 disampaikan oleh Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik (BPS), Windhiarso Putranto yang menyampaikan bahwa perkembangan IPH dalam 2 minggu terakhir di bulan Januari 2024 relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan bulan Desember 2023.

Namun demikian, beberapa Kabupaten/Kota perlu menjadi perhatian. Hal tersebut disebabkan masih adanya beberapa Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH sehingga diperlukan adanya langkah konkret yang dilakukan oleh pemerintah daerah terkait guna menstabilkan IPH tersebut.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *