Harga Beras Cetak Rekor, Tertinggi Sepanjang Sejarah Indonesia

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com – Harga beras jelang Pemilihan Umum 2024 terus mengalami peningkatan signifikan. Faktanya, harga beras saat ini telah mencetak rekor sebagai harga tertinggi sepanjang sejarah Indonesia.

Sebagai contoh, pedagang beras di Pasar Induk Cipinang, Didin, saat ini menjual beras premium dengan harga Rp16.000/kg. Padahal, Didin sebelumnya menjual beras jenis yang sama dengan harga Rp13.000/kg pada Desember 2023.

Pedagang lainnya, Ida, mempercayai kenaikan harga beras ini disebabkan oleh terhambatnya beras operasi dari pemerintah yang masuk pasar. “Beras operasi pasar sedang tidak banyak, sehingga mempengaruhi harga pasar,” kata Ida.

Ketua Umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri, menambahkan pendapatnya bahwa tingginya harga beras belakangan ini dipengaruhi oleh pesta demokrasi yang akan berlangsung 14 Februari besok. “Kita juga berhadapan dengan momen pemilu dimana kebutuhan beras juga sangat besar, kita sudah kepotong bantuan pangan 1,3 juta ton, kita juga harus tahu kondisi pemilu, politisi kita membutuhkan banyak komoditas pangan untuk dibagikan,” jelas Abdullah.

Berikut ini adalah beberapa data statistik yang menunjukkan kenaikan harga beras:

  • Harga beras jenis medium tahun sebelumnya Rp11.000/kg, sekarang telah mencapai Rp13.000/kg.
  • Untuk beras premium, harga tertinggi sebelumnya adalah Rp13.000/kg, sedangkan sekarang harga beras di pasaran tertinggi mencapai Rp17.000/kg.

Harga beras saat ini telah mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah dan berdampak signifikan terhadap ekonomi masyarakat Indonesia.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *