Presiden Jokowi Umumkan Lowongan CPNS 2024 sebanyak 1,6 Juta, Fokus Pada PPPK dan Honorer

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com — Kabar gembira bagi para pencari kerja. Presiden Jokowi baru-baru ini mengumumkan bahwa pemerintah akan membuka lowongan CPNS sebanyak 1,6 juta posisi pada tahun 2024. Pengumuman ini tentunya menjadi angin segar bagi mereka yang tengah berharap mendapatkan tempat dalam lingkungan pemerintahan.

Menurut laman JPNN, pembukaan posisi ini terfokus pada pegawai honorer untuk posisi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2024, menjadikan kesempatan ini sangat penting bagi mereka yang telah lama berharap mendapatkan status CPNS.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, maka pemerintah harus menyelesaikan tenaga non-ASN tahun ini,” kata Presiden Jokowi dikutip dari kanal Sekretariat Presiden di YouTube, Jumat (5/1).

CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah status sementara seorang pegawai negeri sipil di Indonesia sebelum diangkat dan ditetapkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini adalah kesempatan yang langka, mengingat pemerintah hanya membuka lowongan ini jika terdapat kebutuhan dan anggaran.

Presiden Jokowi mengumumkan formasi PPPK 2024 yang banyak ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja, terutama pegawai honorer yang telah lama menunggu kepastian status sebagai PNS. Dengan pembukaan lowongan sebanyak 1,6 juta ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan para pegawai honorer.

“Formasi CPNS 2024 ini diperuntukkan bagi lulusan fresh graduate untuk mencari talenta-talenta muda,” ucapnya.

Kabar pengumuman ini tentu saja disambut hangat oleh masyarakat. Meski begitu, penting juga untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat bersaing dan berhasil dalam seleksi CPNS. Bagi yang berminat, semoga sukses dan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Terakhir, mari kita nantikan informasi lebih lanjut dari pemerintah mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *