Jokowi Resmikan Tiga Jembatan di Jawa Tengah: Mobilitas Makin Aman dan Cepat

Foto: Instagram/Jokowi
banner 468x60

Banyumas, Bentangnews.com — Presiden Joko Widodo resmi meresmikan tiga jembatan baru di Provinsi Jawa Tengah pada hari Selasa, 2 Januari 2024. Tiga jembatan tersebut adalah Jembatan Tajum Margasana dan Jembatan Karangbawang yang berada di Kabupaten Banyumas, serta Jembatan Jurug B di Kota Surakarta.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Jembatan Tajum Margasana Banyumas, yang kedua Jembatan Karangbawang Banyumas, dan Jembatan Jurug B Solo-Karanganyar,” ungkap Presiden Jokowi dalam peresmian yang berlokasi di Jembatan Tajum Margasana.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ketiga jembatan tersebut merupakan bagian dari 37 jembatan Callender Hamilton (CH) yang bertempat di Pulau Jawa. Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jembatan-jembatan tersebut memang sudah seharusnya diganti mengingat usia jembatan tersebut yang telah melebihi 40 tahun.

Biaya pembangunan untuk ketiga jembatan tersebut mencapai Rp251 miliar, dengan rincian: Jembatan Tajum Margasana sebesar Rp72 miliar, Jembatan Karangbawang sebesar Rp89 miliar, dan Jembatan Jurug B sebesar Rp90 miliar. Dengan adanya tiga jembatan baru ini, aliran mobilitas barang dan manusia diharapkan menjadi lebih lancar, aman dan cepat.

Data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan bahwa 37 jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa tersebar di Banten (3 jembatan), Jawa Barat (16 jembatan), Jawa Tengah (9 jembatan), dan Jawa Timur (9 jembatan). Proyek tersebut memakan biaya total sebesar Rp2,2 triliun dengan masa konstruksi selama dua tahun, dimulai pada Desember 2021 hingga Desember 2023.

Tiga jembatan baru ini diharapkan menjadi solusi atas beban logistik dan transportasi yang semakin berat. Selain itu, ini juga merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas infrastruktur di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *