Badan Meteorologi Laporkan Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Jawa Barat dan Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

banner 468x60

Jakarta, Bentangnews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa magnitudo 5,9 yang mengguncang wilayah Jawa Barat dan Banten, Rabu (3/1) pukul 07.53 WIB. Gempa ini tidak berpotensi tsunami dan menjadi perhatian publik dan pemerintah daerah terkait keamanan dan kesiapsiagaan.

Dalam rilis resmi dari BMKG, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, “Pukul 07.53 terdeteksi gempa di Jawa Barat dan Banten. Ini episenternya berada di Samudera Hindia, di Selatan Jawa Barat.” Gempa ini terasa di beberapa wilayah di Jawa Barat dan Banten, namun tidak menimbulkan kerusakan signifikan atau korban jiwa.

Guncangan gempa ini menjadi peringatan penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan akan bencana dan memperkuat infrastruktur yang ada. Selain itu, pihak BMKG berkomitmen untuk terus memperbarui dan menginformasikan masyarakat mengenai perubahan kondisi geofisika dan potensi bencana di Indonesia.

Daryono menegaskan, “BMKG terus mengawasi dan memantau perkembangan kondisi geofisika di wilayah Indonesia. Kami berharap masyarakat dan pemerintah daerah selalu siaga untuk menghadapi potensi bencana dan mendukung upaya mitigasi yang efektif.” (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *